Tulisan Pertama Saya

Assalamu'alaikum

Nama saya Taslim Perdana, dilahirkan di kampung halaman saya di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam tepatnya di desa Bansa pada tanggal 25 Desember 30 tahun yang lalu. Waktu saya lahir, saya hanya diberi nama “Taslim” saja oleh orang tua saya yang berarti PENYELAMAT atau KESELAMATAN, nama Taslim tersebut berasal dari kata Islam yang berarti kesemalatan atau agama penyelamat kehidupan umatnya. Saya sungguh bangga dengan nama saya tersebut sebab selain artinya yang sangat agung, nama saya juga disebut minimal satu kali seminggu di setiap Masjid di seluruh dunia, yaitu oleh Khatib yang memberikan Khutbah Jum’at.

Tambahan “PERDANA” diberikan waktu saya telah duduk di bangku kelas 3 SD oleh kakak saya, sebab kakak saya sangat menginginkan saya menjadi Penyelamat Pertama bagi orang-orang disekelilingnya, dimana kalau kedua kata pada nama saya itu (TASLIM dan PERDANA) digabungkan maka artinya adalah “Penyelamat pertama” yang akan menyelamatkan keluarga dan masyarakat lainnya. Sampai diusia 30 sekarang ini, saya tidak tahu apakah cita-cita itu sudah tercapai atau belum, yang pasti adalah apa yang diinginkan sekarang ini hanyalah bagaimana saya menjalani kehidupan ini dengan baik dan berusaha bermanfaat bagi orang lain serta tidak menyakiti hati dan perasaan mereka. Yaaaa…. mudah-mudahan saja

Pendidikan pertama yang saya tempuh adalah Sekolah Dasar. Saya tidak menempuh pendidikan pra dasar (Taman Kanak-kanak) seperti yang lainnya, selain karena kemampuan orang tua yang tidak ada, TK di kampung kami pun sangat jauh tempatnya dari rumah. SD Inpres 3/77 Bansa Kamang Mudik, itulah nama SD saya dulu. Pendidikan yang saya tempuh selama 6 tahun itu menanamkan ilmu dan kenangan yang tak akan pernah saya lupakan. Belajarnya (kayak yang rajin aja…), bermainnya (nah… yang ini banyak..apalagi klo dah main kasti,main gambar,main karet, main kolok tarompa….huuuhh.. kalah taruih…habis tu talambek pulang sampai dirumah kanai berang…huhuhu…), tawanya, tangisnya (hu..hu..hu…) kenakalan dan kena marahnya(sering kena cubit sama ibu MAR…sakit buk… dan kena pukul karna g ngumpulin buku kegiatan baca Al Quran atau gara-gara gak ikut shalat jamaah di mushalla … dipukul pakai penghapus papan…), prestasinya (ada g ya…?????….hehehe..).

Setelah duduk di kelas 3 SD selain belajar saya juga diberi tugas setelah pulang sekolah untuk bantu orang tua ke sawah, atau mencari cacing, (untuk apa..???). Cacing yang dicari itu digunakan untuk mencari belut dimana sebelum digunakan cacing dipanggang dulu lalu dimasukkan kedalam “lukah” (g tahu bahasa indonesianya…apa ya..???). Lukah itu terbuat dari susunan lidi yang dibentuk menyerupai botol minuman dan ujungnya diikat. sementara bagian bawahnya ditutup dengan tutup yang terbuat dari lidi juga dan dibuat lobang ditengahnya dimana di lobang itulah nantinya belut itu masuk setelah kita letakkan cacing panggang didalamnya, bagi belut cacing panggang adalah makanan paling enak dan lezat (memangnya belut pernah ngomong gitu….????). Kemudian setelah sore datang, maka lukah-lukah itu (yang kadang jumlahnya mencapai ratusan) kita pasangkan disawah-sawah yang ada airnya. Setelah selesai Shalat subuh pada pagi besoknya, baru lukah-lukah itu diambil dan dikumpulkan lagi.

Selain mencari cari cacing untuk lukah, saya juga diharuskan mencari rumput untuk makan sapi dan kambing kami. Walaupun tugas ini tidak saya laksanakan sendiri, karena juga ada kakak-kakak saya.

Setelah tamat dari SD, saya melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren Thawalib Parabek Bukittinggi dan tinggal di asrama, mungkin karena belum bisa mengontrol diri sendiri, nilai yang saya dapatkan disana anjlok yang membuat seluruh keluarga kecewa. Saya pindah ke Padang dan mulai dari awal lagi di MTsN Gunung Pangilun Padang. Di Padang saya tinggal bersama 3 orang kakak saya. Setelah tamat dari MTsN, saya pindah lagi ke Padang Panjang tepatnya di MAN/MAKN Koto Baru Padang Panjang. Disinilah beberapa kenangan-kenangan yang tidak bisa terlupakan, selain masa pancaroba, terjadi juga beberapa kejadian yang tidak pernah terjadi sebelumnya, yaitu saya diusir keluar oleh guru saya waktu masih duduk di kelas 1, dan di kelas 1 itu juga saya mulai mengenal yang namanya cinta (cieeee…… ehm..ehm..) namanya juga cinta monyet, asal udah punya aja, sebab saya sendiri sama si dia dak pernah ngomong…hanya lewat surat-suratan (hehehe…) :-(

Setelah tamat dari MAN Koto Baru, saya ikut ujian UMPTN (sekarang namanya SMPTN) dan lulus di jurusan Teknik Elektronika Konsentrasi Teknologi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Saya paling suka mendengarkan musik yang bersuara lembut dan musik klasik dan tidak suka musik aliran keras, saya suka nonton acara televisi yang berisifat humor yang bisa mendatangkan tawa tetapi saya tidak suka sinetron yang ceritanya bersambung-sambung. Saya suka jenis film Drama, action, komedi. Saya suka nonton film india yang romantis dan tidak ada kekerasan (kadang-kadang sampai nangis…).

Makanan favorit saya adalah nasi. Kenapa nasi? Karena dengan nasi perut saya jadi kenyang dan kalau sudah di isi dengan nasi, saya tidak suka makan-makanan lainnya semisal cemilan dan saya juga suka minum kopi (kayak mbah surip aja…. tp g segawat itu loh… hanya 1 kali sehari…), saya tidak suka minum-minuman lainnya semisal jus atau minum-minuman kaleng.

“Tiga Belas”. Itulah jumlah kami seluruhnya, Apa, Amak, Uni kampuang (dg uda boy), Adang (dg Ibu Ses), Aciak (dg Akak), Ni Kaciak (dg Da kuto), Dawan (dg Nii), Nita (dg da Malin), Dadin (dg Ni Pea), Da Ef (..Ya Allah… Tempatkan Saudara kami ini di tempat yang terbaik disisi mu, Ampuni Semua dosa-dosanya, terima semua amalannya….Amin…. Da Ef Kami semua akan selalu berdoa untuk daef… setiap pulang kampung kami akan menemui daef…), nah setelah itu saya (P tepe dg b ipit cuit-cuitnya…hehehe…), Ir (dg dedi), Us (dg….. siapa ya…. ee ternyata belum….mudah2an segera dapat pendamping yang baik..). Ditambah dengan tiga belas orang cucu… wah klo dah pulang semua, rumah besar kami jadi sempit. Tapi klo semua pulang enak sebab rumah besar kami jadi heboh….. kapan lagi ya….mudah2an tahun depan (Us cepat……cari pasangannya….ada yang mau…???).

Orang tua saya punya peraturan yang sangat ketat dan tidak ada satupun yang boleh melanggar. Beliau berkata “kalau ingin sukses dalam belajar, maka ada tiga hal yang tidak boleh dilakukan yaitu dak buliah tahu di pitih (tidak boleh nyari uang), dak buliah maisok (tidak boleh merokok), dak buliah tahu jo padusi (tidak boleh pacaran) tapi kalau sudah di wisuda silahkan semuanya dilakukan…” dan Alhamdulillah dari 11 orang kami semuanya hanya 2 orang tidak sampai bangku kuliah (kakak yg pertama tamat SPG dan kakak yang ke empat tamat SMEA)… walaupun orang tua saya hanya pegawai kecil dan bertani.



Wah....capek deh.... kapan2 disambung lagi ya.... see u...



the Unforgetable Moment of my life

Read Users' Comments (51)

51 Response to "Tulisan Pertama Saya"

  1. rani Afrizal says:
    04 Desember, 2009 09:54

    Nama :Rani afrizal
    Kelas: XI IPA 3
    Alamat Blog: raniafrizal@yahoo.co.id

  2. revita says:
    04 Desember, 2009 09:59

    Nama:Revita makselena
    Kelas: XI IPA 3
    Alamat Blog: revitamakselena.blogspot.com

  3. PutRi Dona M. says:
    04 Desember, 2009 17:49

    assaLamu'alaikum pak...!!!!

    Nama: Putri dOna M.
    KeLas: XI IPA 1
    Alamat Blog: Putriluphly.blogspot.com

    wassaLam....!!!
    :-)

  4. Nes_cha Luph says:
    05 Desember, 2009 14:49

    Nama : Nesa Okvihardila
    Kelas : XI IPA 1
    almt blog: nesaokvihardila.blogspot.com

  5. Putri sUkma Wahyuli says:
    07 Desember, 2009 16:47

    ass Pak...
    Nama: putri SukmA WahyuLi
    keLas: XI IPA 3
    blog: putrisukmasiruna.blogspot.com

    tuLisan bPak pUannjang bUangaet, pAk...
    tapi keRen pAk...

    wassaLam.....

  6. afrima sari says:
    07 Desember, 2009 16:55

    ass Pak...

    nama : AFRIMA SARI
    kelas : XI IPA 3
    blog : afrimasari.blogspot.com

    cerita bapak sangat menarik....

    wassalam.. !!!!

  7. rahma izzati says:
    08 Desember, 2009 17:42

    Nama:Rahma Izzati. R
    Kelas:XI IPA 3
    Alamat Blog:rahmaizzati.blogspot.com

  8. Zoe_ko says:
    12 Desember, 2009 15:58

    pak jan payah ujian bisuk ndak pak

  9. vivi says:
    12 Desember, 2009 16:01

    nama : fitri rahmadhani
    kelas :XI IPA 4
    alamt blog :fitri_rahma.dani@yahoo.com

  10. Zoe_ko says:
    12 Desember, 2009 16:04

    hmmmmm

  11. Putri Heryeni says:
    12 Desember, 2009 16:19

    Nama : Putri Heryeni
    Kelas : XI IPA 3
    Alamat Blog : putriheryeni.blogspot.com

  12. Putri Heryeni says:
    12 Desember, 2009 16:27

    Nama : Putri Heryeni
    Kelas : XI IPA 3
    Blog : putriheryeni.blogspot.com

  13. LuvhiniCha says:
    12 Desember, 2009 19:47

    Nama: Anisa Wahyuni
    Kelas: XI IPA 1
    ALamat blog: Anisawahyuni.blogspot.com

  14. baRbie Luph Skandar says:
    12 Desember, 2009 20:56

    nama: AHDA YUNIA
    Kelas: XI IPA 1
    Alamat Blog:stillcherza.blogspot.com

    pakkk.....
    ceritanya T.O.P BGT pak

  15. sharing with alfi says:
    12 Desember, 2009 21:53

    wuisyyy..........
    Cerita bapak keren deh...
    kapan lagi pak sambungin ceritanya?
    tapi,,ceritanya tentang keluarga bapak yang sekarang yah........
    hehehehe.....

    Nama: Alfi Rahmi
    Kelas: XI IPA 1
    Alamat blog: sharingwithalfi.blogspot.com

  16. lovewyla says:
    12 Desember, 2009 22:13

    aslm pak..
    jieh..........keren abiiz..crtanya pak,
    jd pgn bc truz.......wla doain mga bpk mjd pnylmt pertama baik di klurga maupun smwa orang......
    Amiin..

    Pak....kapan lg tuch disambungin ceritanya?????
    jd gk sbaran nich...
    wslm.

    Nama : Willa Putri
    Kelas: XI IPA 1
    Alamat blog: Lovewyla.blogspot.com

  17. Rizqanhasanan says:
    13 Desember, 2009 13:55

    Nama: RIZQAN HASANAN
    Kelas: XI IPA 3
    Blog: rizqan-hasanan.blogspot.com

  18. Anonim Says:
    13 Desember, 2009 16:48

    wah bguzzz blog bapak yah...
    nama : friska sasri dwitama
    kelas : XI IPS 4
    my blog : friskasasridwitama.wordpress.com

  19. Anonim Says:
    13 Desember, 2009 18:34

    nama : ardiansyahroni
    kelas: XI IPS 4
    Blog : a12d1ansyahroni.wordpress.com

    panjang kali pak

  20. ihsanul_ahmadi says:
    14 Desember, 2009 12:34

    nama : Ihsanul Ahmadi
    kelas : XI ipa 4
    blog : http://ihsanulahmadi.blogspot.com/

  21. ranti says:
    15 Desember, 2009 13:18

    NAMA :SHOFIA RANTI
    KELAS :XI IPA 3
    ALAMAT BLOG :rhanti.blogspot.com

  22. Kurrota Hafidzah says:
    15 Desember, 2009 16:22

    Assalamualaikum pak,,,,,,,,
    Nama :Kurrota Hafidzah
    Kelas:XI IPA 1
    Alamat Blog: Khafidzah.blogspot.com

  23. Anonim Says:
    15 Desember, 2009 16:52

    nama : nofa eka sari
    kelas: XI IPS 4
    blog : nofaeka.wordpress.com
    wah bguzzz pak isinya

  24. Anonim Says:
    16 Desember, 2009 09:05

    Nama : Andrea Marta Tasman
    Kelas: XI IPA 4
    Alamat Blog: andreamartatasman.blogspot.com

  25. ary ramadhany says:
    16 Desember, 2009 10:04

    NAMA : ARI RAMADHANI
    KELAS : XI IPA 4
    ALAMAT BLOG : aryramadhanyaja.blogspot.com

  26. ummul ayuni says:
    16 Desember, 2009 10:11

    Nama : Ummul Ayuni
    Kelas : XI IPA 4
    Alamat Blog : umulayuni.blogspot.com

  27. viizii says:
    16 Desember, 2009 11:45

    Nama: Novi Fauzi
    Kelas : XI IPA 1
    Blog: viizii.blogspot.com

  28. Unknown says:
    16 Desember, 2009 13:17

    Nama : risqa vonigesita
    Kelas : XI IPA 4
    Alamat Blog :risqavonigesita.blogspot.com

  29. dhini says:
    16 Desember, 2009 15:12

    nama : dhini elvita sari
    kelas : XI IPA 4
    blog saya : dhini_elvitasari.blogspot.co.id

  30. Anonim Says:
    16 Desember, 2009 15:15

    NAMA: RIKA OKTA VEBRIANI
    KELAS: XI IPS 2
    Alamat Blog : rikaoktavebriani.wordpress.com
    aduh pak bagys banget kata2nya

  31. Anonim Says:
    16 Desember, 2009 15:37

    Nama :Kismawati
    Kelas:XI IPS 2
    Alamat Blog : kismawati.wordpress.com

  32. Inna Mukhaira says:
    16 Desember, 2009 15:49

    Nama: Inna Mukhaira
    Kelas: XI IPA 1
    Blog: innamukhaira.blogspot.com

  33. yollyefidri says:
    16 Desember, 2009 15:54

    Nama:yolly efidri
    Kelas:XI IPA 4
    ALAMAT BLOG:yollyefidri.blogspot.com

  34. mutiara shinta andini ajja says:
    16 Desember, 2009 15:58

    assaLamualaikum.. >,<

    pak...
    mutiara shinta andini udah slese nih blognyah...!

    toLOng dikasih nilai sarancak-rancaknyo yo pak. ^-^

    Nama : Mutiara shinta andini
    Kelas: XI-IPA 1
    Blog : mutiarashintaandini.blogspot.com

    Sekian ajja ya pak,, Wassalam......
    (-/\-)

  35. DessyAmaliaFatma says:
    16 Desember, 2009 16:27

    nama: Dessy amalia fatma
    Kelas : XI IPA 3
    Alamat blog : dessybof.blogspot.com

  36. Anonim Says:
    16 Desember, 2009 16:28

    NAMA:RHAVY FERDYAN
    KLAS:XI IPA 1
    BLOG:rhavy.wordpress.com

  37. Anonim Says:
    16 Desember, 2009 16:30

    NAMA:RHAVY FERDYAN
    KLAS:XI IPA 1
    BLOG:rhavy.wordpress.com

  38. Anonim Says:
    16 Desember, 2009 16:35

    NAMA:RHAVY FERDYAN
    KLAS:XI IPA 1
    BLOG:rhavy.wordpress.com

  39. Anonim Says:
    16 Desember, 2009 16:42

    NAMA:RHAVY FERDYAN
    KLAS:XI IPA 1
    BLOG:rhavy.wordpress.com

  40. arief kurniawan says:
    17 Desember, 2009 11:28

    NAMA : Arief Kurniawan
    kelas : XI IPA 4
    ALAMAT BLOG :ariefkurniawan-a7x.blogspot.com

  41. alfhy4ever says:
    17 Desember, 2009 15:45

    Nama: Okta Triviviani
    Kelas: XI IPA 1
    ALAMAT BLOG: oktatriviviani.blogspot.com

  42. vivi says:
    17 Desember, 2009 15:49

    pak . . . . . .
    ne fitri pak . . .
    g' usah di rubah ge pak bglog pit , ,cpek nyusunnya pak . . . . .
    please pak . . . .!!!!!!!!!
    wktu ntu pit g'tw dow pak klo hrs pke blospot nm blkgnya . . . .
    please pak . . .

  43. Resti_Syifayuni says:
    17 Desember, 2009 20:01

    assalamualaikum wr,wb

    Nama : Resti Wahyuni
    Kelas : XI IPA 1
    Alamat Blog : restiwahyuni.blogspot.com

    Wasalam

  44. Inna Mukhaira says:
    17 Desember, 2009 22:39

    assalammu'alaiku....
    pak ne inna,.blogna udach clcai...
    ne biodata inna pak...
    Nama : Inna Mukhaira
    Kelas: XI IPA 1
    Alamat Blog : innamukhaira.blogspot.com

    trima kasih y pak....
    wasalam...

  45. Anonim Says:
    18 Desember, 2009 00:21

    nama :indah rizki amelia
    kelas:XI IPS 2
    blog :www.indahrizki.wordpress.com

    pak, ne blog saya

  46. Anonim Says:
    18 Desember, 2009 09:48

    Nama: Jihan Shasika Rani
    Kelas: XI IPA 1
    Alamat Blog : JihanShasikaRani.blogspot.com

  47. Putri Ramadhani Meiduan says:
    18 Desember, 2009 15:35

    assalamu'alaikum wr.wb....

    nama : Putri Ramadhani Meiduan
    kelas : XI IPA 1
    Alamat blog : cheeseluph.blogspot.com

  48. vivi says:
    18 Desember, 2009 19:06

    nama : fitri rahmadani
    kelas : XI IPA 4
    nm blog : vivi-bloganak2pecintamusik.blogspot.com

  49. vivi says:
    18 Desember, 2009 19:07

    maaf ea pak kmrn vi slah krim nm blog vi . . . .

    skali age maaf pak . . . .

  50. いたずら says:
    19 Desember, 2009 11:46

    nama : Aulia Fajri Satria
    kelas : XI IPA 3
    alamat BloG ;kenshinshin.blogspot.com

  51. Firman says:
    19 Desember, 2009 13:27

    ass pak

    NAMA : Firman syaputra
    KELAS: XI IPA 3
    ALAMAT BLOG : firm4n_007@yahoo.com

Posting Komentar